Negeri Satu Gabus


widget

Thursday, 27 October 2011

Guru Harus Mau Maju


Pendidikan yang dijalankan di sekolah-sekolah saat ini untuk mempersiapkan generasi masa depan. Karena itu, para pendidik mesti terbuka pada gagasan dan inovasi dalam mengajar dan sistem pendidikan yang sesuai dengan perubahan global.

Para guru harus mau mendorong dirinya untuk maju. Saat ini, kita butuh pendidik yang berkualitas dan juga punya jiwa kepemimpinan di kelas dan sekolah.
-- Paulina Pannen
"Para guru harus mau mendorong dirinya untuk maju. Saat ini, kita butuh pendidik yang berkualitas dan juga punya jiwa kepemimpinan di kelas dan sekolah. Guru-guru yang punya kepemimpinan ini berperan penting untuk menyiapkan generasi masa depan yang berkualitas dan berkarakter," kata Paulina Pannen, Dekan Sampoerna Schooel of Education (SSE) dalam Konferensi Guru Nasional 2011 di Jakarta, Rabu (26/10/2011) hingga Kamis besok.
Sementara itu, Sheldon Shaeffer, mantan Direktur Pendidikan UNESCO Biro Asia Pasifik, mengatakan kebijakan pemerintah soal sertifikasi maupun pemberian renumerasi seharusnya memotivasi gurui lebih profesional dan memberikan proses belajar yang
semkain baim pada siswa. Tetapi perlu dipastikan bahwa guru-guru mendaptkan bantuan untuk mengembangkan potensi diri mereka secara penuh, kata Shaeffer.
Menurut Shaeffer, pendidik jaman sekarang ini mesti proaktif untuk terlibat dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan pofesional mereka dan lingkungan mengajar.
Sebab, pendidikan saat ini berubah untuk bisa memahami kebutuhan siswa. Para guru harus mampu mengembangkan pendidikan yang berpusat pada anak, kata Shaeeffer.
Para guru, lanjut Shaeffer, mesti menjadi praktisi yang reflektif. Mereka perlu menyadari kelemahan tertentu dalam praktek mengajar mereka sendiri. Dengan kemauan untuk merenungkan apa yang sudah dilakukan, guru termotivasi untuk melakukan perbaikan yang diperlukan, kata Shaeffer.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar Anda !