Negeri Satu Gabus


widget

Rabu, 30 November 2011

Gerak Refleks

     Dalam banyak kasus, beberapa pesan yang diterima
oleh tubuh kita sampai ke otak terlebih dahulu sebelum
kita bereaksi. Pikirkanlah apa yang terjadi ketika kita
melihat sebuah bola melayang menuju ke arah kita. Kita akan mengangkat tangan  atau

Senin, 28 November 2011

Lulusan Perdana UMN Sudah Dapat Kerja

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menggelar upacara wisuda perdana di Kampus UMN, Serpong, Sabtu (26/11/2011). Jumlah wisudawan perdana lembaga pendidikan milik Kompas Gramedia ini ada 75 orang. Mereka terdiri atas 6 mahasiswa akuntansi, 16 orang dari desain dan komunikasi visual, 25 orang dari ilmu komunikasi, 3 orang dari sistem informatika, 5 orang dari sistem komputer, 17 orang dari teknik informatika, dan 3 orang dari manajemen.

Sebanyak 18 lulusan tercatat sebagai lulusan dengan predikat cum laude. Satu lulusan di antaranya memperoleh IPK sempurna yakni 4,0. Lulusan terbaik UMN tercatat atas nama Antony.

"Acara ini tentunya bersejarah karena kami baru pertama kali meluluskan," ungkap Hira Meidia, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan

Kamis, 24 November 2011

Bagian-Bagian dan Fungsi Indra Penglihat


     Kelopak mata adalah bagian luar mata yang melindungi dan membasahi bagian luar bola
mata. Setiap waktu mata berkedip, cairan menyebar di
seluruh bagian depan mata kita.
Sklera merupakan jaringan kuat, berwarna putih yang
menutup bagian luar bola mata kita. Sklera berfungsi melindungi mata kita.
Iris merupakan otot. Iris mengatur jumlah cahaya

Senin, 21 November 2011

CD Berkapasitas 500 GB

General Electric mengembangkan compact disc (CD) dengan teknologi baru sehingga dapat menyimpan data hingga 500 GB. Untuk saat ini, produk tersebut akan ditujukan untuk kebutuhan penyimpanan arsip data digital, namun bukan mustahil akan dilempar ke pasar konsumen.


Ukuran disk ini sama dengan cakram DVD atau CD standar. Kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada DVD dan Blu-ray karena

Rabu, 16 November 2011

Bahan Pemanis Pada Makanan

Bahan pemanis adalah bahan kimia yang ditambahkan pada makanan atau minuman yang berfungsi untuk memberikan rasa manis. Dulu orang mengenal sumber rasa manis alami dari gula yang di buat dari tebu atau bit, aren, kelapa dan pemanis lain seperti madu dan buah-buahan.
Selain memberikan rasa manis ternyata gula adalah 

Bahan Kimia Pewangi Parfum

Parfum adalah hasil pencampuran berbagai macam fragrance (bahan pewangi) yang bersifat mudah menguap dengan bau tertentu. Bahan kimia pewangi sering ditambahkan pada berbagai produk seperti sabun, deterjen, sampo, pembersih kaca, cairan pencuci piring, dan cairan pelembut pakaian, serta dijual dalam bentuk pengharum badan maupun ruangan. Perusahaan umumnya tidak mau menuliskan bahan kimia yang digunakan sebagai bahan pewangi. Orang sering memberi istilah “rahasia perusahaan”. Bahan kimia yang

Kamis, 10 November 2011

Indonesia Broadband Terealisasi 2016

 Pemerintah menargetkan program "Indonesia Broadband" terealisasi pada 2016 dengan tercukupinya kebutuhan akses informasi ke semua desa di Tanah Air melalui program "Indonesia Connected" pada 2012.
"Jika semua provinsi telah terlayani program tersebut, akan dilanjutkan dengan program 'Indonesia Broadband' pada 2016 dan 'Indonesia Digital' pada 2018," kata penasihat senior Menteri Komunikasi dan Informatika, Kalamullah Ramli, di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (9/11/2011).
Pada acara "Bali Annual Telkom International Conference" (BATIC), dia mengatakan, target terkoneksinya semua desa di Indonesia tersebut akan ditempuh dengan menyediakan akses informasi.
"Selain memberikan akses informasi di desa-desa, di seluruh ibu kota kecamatan juga akan diberikan akses internet," katanya.

Selasa, 08 November 2011

Desentralisasi Pendidikan Perlu Dievaluasi

JAKARTA — Penerapan desentralisasi yang telah berjalan sepuluh tahun dinilai perlu dikaji ulang. Khusus pada bidang pendidikan perlu ada evaluasi terkait dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Sejak reformasi, desentralisasi diberlakukan hampir di semua bidang, kecuali pada lima hal, yaitu keuangan, agama, hukum, dan pertahanan. Sebelum akhirnya ada penambahan bidang, yaitu sektor pendidikan.
"Sudah waktunya ada review menyeluruh tentang penerapan desentralisasi dan

RSBI Dinilai Diskriminatif terhadap Siswa Miskin


KULON PROGO, Keberadaan sekolah dengan status rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) kembali dipertanyakan. Dinas Pendidikan DI Yogyakarta diminta meninjau ulang  rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI), karena dinilai diskriminatif terhadap siswa dari keluarga miskin. Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kulon Progo Didik Suratman mengatakan, pelaksanaan RSBI di daerahnya sangat diskriminatif.
"Kami sangat menyayangkan pelaksanaan RSBI di Kulon Progo yang sangat diskriminatif terhadap

Minggu, 06 November 2011

Menjalankan Internet

Setelah semua langkah-langkah instalasi dan konfigurasi sudah selesai seperti
yang telah diuraikan di atas, kini kita bisa menjalankan internet dengan cara
sebagai berikut :
Dari desktop klik ganda icon ISP Anda atau My Connections, contoh Telkomnet.
Pada kotak dialog, ketik user-name dan password Anda / Perusahaan.
Setelah semua Anda isikan dengan benar, kliklah Connect






MEMBUAT KONEKSI KE INTERNET

Di mayoritas daerah di Indonesia saat ini akses internet meng-gunakan koneksi dial-up.
Untuk koneksi tersebut diperlukan modem standart 28,8Kbps, 56Kbps atau ISDN, Hubungkan
konektor kabel jaringan telepon ke modem dan kabel port modem ke komputer server.
Hidupkan komputer, modem akan terdeteksi otomatis melalui fasilitas plug and play masukkan
CD driver modem.
Selanjutnya adalah

KONFIGURASI CLIENT UNTUK ICS

Client  : Windows 98/Me/2000
Server  : Windows 98/Me
Masukkan disket yang berisi proragam ICSGLSET dan jalankan file instalasi tersebut. Jika Anda membuka sebuah aplikasi yang membutuhkan hubungan ke internet maka secara otomatis server akan membangun hubungan ke web.
Client dan Server Windows 2000/XP/2003
Hanya diperlukan sedikit perbahan pada protokol TCP/IP :
1.Klik kanan ‘My Network Places’, pilih ‘Properties’
2.Klik kanan ‘LAN-Connections’, pilih ‘Properties’, klik dua kali ‘Internet Protokol (TCP/IP)’
3.Cantumkan alamat IP dari PC Server (192.168.0.x) pada Default gateway
4.Cantumkan alamat provider anda (ISP), contoh Telkomnet :
  Primary DNS        : 202.134.0.155
  Secondary DNS  : 202.134.2.5

INSTALASI ICS/IIS

ICS (Internet Connection Sharing) menyediakan kemungkinan untuk memanfaatkan sebuah saluran internet pada beberapa PC secara bersama-sama. PC yang digunakan sebagai server harus dioperasikan minimal dengan sistem Windows 98SE, atau sistem yanga lebih tinggi lebih bagus, seperti Windows Me, 2000, XP1, XP2, XP3, Vista, 2003 server atau Windows 7 . Untuk PC lainnya bisa menggunakan Windows versi apa saja.
Windows 98/Me
ICS tidak diinstalasikan sebagai pilihan default dalam

LANGKAH-LANGKAH MEMASANG INTERNET

Secara garis besar langkah-langkah dalam memasang internet adalah :
1.Mendaftarkan diri ke ISP (Internet Service Provider) yaitu perusahaan penyedia jasa internet, misalkan MegaNet,  Indonet, dan sebagainya, atau langsung tanpa mendaftarkan diri yaitu melalui jasa telkom (TelkomNet).
2.Instalasi browser, program internet yang sering digunakan adalah Internet Explorer, google chrome, mozilla firefox, opera atau Netscape.
3.Menginstal ICS/IIS jika satu saluran internet digunakan untuk beberapa komputer (LAN).
4.Mengkonfigurasi Client pada LAN.
5.Memasang modem dan kabel.
6.Membuat Dial-Up untuk koneksi ke Internet.

internet (interconnecting network)

Internet adalah jaringan luas (global) dari komputer yang lazim disebut worldwide network. Dengan internet kita bisa mendapatkan berjuta-juta informasi mulai dari berita, bisnis, science, teknologi, hiburan dan lain-lain. Demikian dengan komunikasi, kita bisa menggunakan E-Mail, chatting, bahkan kita bisa berkomunikasi secara antar muka (face to face meeting) dengan video. Singkatnya internet merupakan sumber informasi dan alat komunikasi.
 Instansi yang mempunyai sejumlah komputer bisa digunakan mengakses internet secara bersama-sama cukup dengan satu saluran internet, dengan kata lain semua online - satu yang bayar.

BERBAGI RESOURCE

Dengan berbagi file dan printer, berarti Anda memberikan akses ke hardware dan software bagi peserta network lainnya.
Sebelumnya pikirkan dulu apakah Anda ingin memberikan semua hak akses kepada setiap pengguna atau tidak.
Agar pengguna lain dapat mengakses PC Anda, mereka harus memiliki account pengguna pada sistem PC Anda.
Tahap selanjutnya adalah

MENGATUR KONFIGURASI TCP/IP

TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ) adalah komunikasi antar komputer dalam jaringan atau internet.
Setelah instalasi NIC, Windows biasanya langsung mengenali network card melalui fasilitas Plug & Play dan langsung meng-integrasikannya dalam sistem. Namun setting alamat IP masih harus dilakukan secara manual

Alamat IP terdiri atas 4 bilangan yaitu : kedua bilangan pertama 192.168, kedua bilangan terakkhir dapat Anda tentukan sendiri.
Contoh :
192.168.0.1 = utk PC pertama, 192.168.0.2 = utk PC kedua, dan seterusnya. Pada Subnet cantumkan nilai standar 255.255.255.0  sedangkan pada Gateway catumkan nilai IP server misalkan 192.168.0.1 

NIC (Network Interface Card)

NIC (Network Interface Card), Setiap PC dihubungkan ke jaringan ethernet dengan perantaraan Network Interface Card (NIC) yang cocok untuk digunakan dengan kabel coax, twisted pair, atau fiber-optic agar dapat digunakan, semua NIC harus memiliki device driver untuk setiap sistem operasi. Device driver ini dapat diperoleh dari pembuat operating sistem maupun dari pembuat NIC itu sendiri.
Masukkan NIC pada slot PCI / ISA yang kosong di Motherboard sesuai dengan tipe NIC. Ikuti petunjuk manual yang disertakan dalam paket dari pabrik / manufactory. Kemudian konektor pada ujung kabel dihubungkan  ke NIC dan Hub.

Komponen Perangkat Keras Jaringan

NIC (Network Interface Card), Setiap PC dihubungkan ke jaringan ethernet dengan perantaraan Network Interface Card (NIC) yang cocok untuk digunakan dengan kabel coax, twisted pair, atau fiber-optic agar dapat digunakan, semua NIC harus memiliki device driver untuk setiap sistem operasi. Device driver ini dapat diperoleh dari pembuat operating sistem maupun dari pembuat NIC itu sendiri.
Hub, consentrator yang berfungsi

Tipe Jaringan Peer-To-Peer

Pada jaringan peer-to-peer setiap komputer akan dihubungkan langsung dengan komputer lain dalam jaringan, dimana tidak ada server yang berperan sebagai pengontrol. Setiap komputer dalam jaringan bisa berkomunikasi dengan komputer lain dengan posisi yang sama, meskipun demikian setiap orang di jaringan tetap membatasi  hak akses dari orang lain dengan menggunakan password untuk melindungi file dan folder.
Jaringan peer-to-peer disarankan maksimum untuk 10 komputer.
Kelebihannya adalah mudah disetup dan

TOPOLOGI JARINGAN

Tujuan dari jaringan komputer adalah untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang ada dalam jaringan tersebut sehingga informasi dapat ditransfer dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Karena suatu instansi memiliki keinginan/ kebutuhan yang berbeda-beda maka terdapat berbagai cara jaringan terminal-terminal dapat dihubungkan. Struktur Geometric  ini disebut dengan LAN Topologies.
Terdapat enam Network Topologi yaitu :
1. Topologi Bus
2. Topologi Star
3. Topologi Mesh
4. Topologi Ring
5. Topologi Bustree
6. Topologi Hybrid
Untuk topologi jaringan penulis menyarankan menggunakan topologi STAR sebab selain lebih cepat, jika salah satu hubungan terputus, network masih tetap berfungsi

SISTEM OPERASI JARINGAN LAN

Sistem perangkat lunak digunakan untuk mengelola dan mengendalikan kinerja jaringan termasuk sistem operasi server, sistem pemantau kinerja jaringan, sistem pemantau bandwith serta sistem proteksi jaringan.
Beberapa contoh sistem operasi untuk jaringan antara lain :
Novell Netware ( www.novell.com )
Microsoft Windows ( www.microsoft.com )
Unix
Linux ( www.linux.com
Sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Microsoft Windows tetapi pada masa sekarang juga banyak yang menggunakan Unix dan Linux

JARINGAN KOMPUTER LOCAL AREA NETWORK (LAN)

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel/transmisi lain sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.
Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

Tipe Jaringan Client / Server

Pada jaringan client/server sebuah komputer server (induk) akan mengontrol akses kejaringan dan bekerja sebagai tempat penyimpanan pusat untuk file dan informasi dengan sekuriti yang terpusat
Jaringan client/server bisa diterapkan jaringan lebih dari 20 komputer.
Kelebihannya adalah server bisa berperan sebagai pusat penyimpanan data yang dapat dijangakau semua orang di jaringan, sekuriti bisa dikontrol secara terpusat dan aplikasi disa dijalankan dari server.
Kekurangannya adalah menuntut biaya tinggi, pengelolaan lebih rumit, dan jika server mati maka semua komputer client tidak dapat mengakses data dan menjalankan aplikasi di server.