Negeri Satu Gabus


widget

Tuesday, 12 June 2012

Aspek Yang Dinilai Pada PK Guru

Guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Selain tugas utamanya tesebut, guru juga dimungkinkan memiliki tugas-tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Oleh karena itu, dalam PK Guru beberapa subunsur yang perlu dinilai adalah sebagai berikut :

  1. Penilaian kinerjayang terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru mata pelajaran atau guru kelas, khususnya berkaitan dengan, (1) disiplin guru(kehadiran ethos kerja), (2) efisiensi dan efektivitas pembelajaran (kapasitas transformasi ilmu ke siswa), (3) keteladanasn guru  (berbicara, bersikap dan berperilaku), dan (4) motivasi belajar siswa.
  2. Penilaian kinerja guru dalam proses pembimbingan bagi guru Bimbingan Konseling/Konselor meliputi kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembimbingan, mengevalusi dan menilai hasil pembimbingan, menganalisis hasil evaluasi pembimbingan, dan melaksanakan tindak lanljut hasil pembimbingan. Seperti halnya guru mata pelajaran, fokus utama PK bagi guru Bimbingan Koneling/Konselor juga mencakup (1) disiplin guru (kehdiran, ethos kerja), (2) efilsiensi dan efektifitas pembelajaran (kapasitas transformasi ilmu ke siswa), (3)   keteladanasn guru  (berbicara, bersikap dan berperilaku), dan (4) motivasi belajar siswa.
  3. Kinerja yang terkait dengan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Pelaksanaan tugas tambahan ini dikelompokan menjadi dua, yaitu tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka. Tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka meliputi : (1) menjadi kepala sekolah/madrasah pertahun, (2) menjadi wakil kepala sekolah/madrasah pertahun, (3) menjadi ketua program keahlian/program studi, atau sejenisnya, (4) menjadi kepala perpustakaan, atau (5) menjadi kepala laboratorium, bengkel, unit produksi, atau yang sejenisnya. Tugas tambahan yang tidak mengurangi jam mengajar tatap muka dikelompokan menjadi dua, yaitu tugas tambahan minimal satu tahun (misalnya menjadi wli kelas, guru pembimbing program induksi, dan srjenisnya) dan tugas tambahan kurang dari satu tahun (misalnya menjadi pengawas penilaian dan evaluasi pembelajaran, penyusunan kurilkulum, dan sejenisnya). 
              Penilaian kinerja guru dalam melasanakan tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka dinilai dengan menggunakan instrumen khusus yang dirancang berdasrkan kompetensi yang dipersyaratkan untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut. Tugas tambahan lain yang tidak mengurangi jam mengajar guru dihargai langsung sebagai perolehan angka kredit sesuai ketentuan yang berlaku.
Sumber ; Materi PLPG 2012

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar Anda !