Negeri Satu Gabus


widget

Wednesday, 12 October 2011

PLTU Indramayu Berdaya Listrik 3x330 Mega Watt


Indramayu - PT PLN (Persero) hari ini meresmikan PLTU Indramayu 3x330 MW. Dengan beroperasinya PLTU Indramayu sistim kelistrikan Jawa Bali akan bertambah.

PLTU yang didirikan di atas lahan seluas 83 hektar ini diresmikan Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Direktur Utama PLN Dahlan Iskan, dan juga Direktur BNI Gatot Suwondo di desa Sumur Adem, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (12/10/2011).

Pembangkit ini dikerjakan sejak tahun 2007 dengan kontraktor pelaksana dari konsorsium China National Machinery Industry Corp (SINOMACHI), China National Electric Equipment Corp (CNEEC) dan PT Penta Adi Samudera.

Proyek ini bernilai kontrak sebesar US$ 696,734 juta dan Rp 1,497 triliun yang

menggunakan batubara berkalori rendah mencapai 4,2 juta ton per tahunnya yang dipasok dari Kalimantan dan Sumatera. Penyuplai batubara tersebut adalah PT Arutmin Indonesia, PT Kaltim Prima Coal, PT Bukit Asam, PLB Batubara, dan PT Kideco Jaya Agung.

Rencananya, listrik yang dihasilkan ini akan disalurkan melalui jaringan 150 kv ke Gardu Induk Sukamandi dan Kosambi. Selebihnya akan didistribusikan melalui jaringan interkoneksi Sutet 500 kv.

"Pasokan listrik pada sistim kelistrikan Jawa Bali akan semakin tangguh, baik dari kecukupan pasokan daya maupun kualitasnya," ungkap Dahlan.

Katanya, saat ini daya mampu rata-rata pembangkit pada sistim interkoneksi kelistrikan Jawa Bali mencapai 21.000-an MW dengan rata-rata beban puncak (peak load) harian berkisar 19.300 MW.

Untuk diketahui, PLTU Indramayu ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk membangun proyek percepatan listrik 10.000 MW tahap pertama.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar Anda !