Negeri Satu Gabus


widget

Monday, 27 February 2012

Metode Ilmiah Dalam Penelitian

Suatu penelitian harus dilakukan melalui tahapan-tahapan yang sistematis. Tahpan-tahapan tersebut merupakan metode ilmiah, yaitu sebagai beikut:

  1. Merumuskan Masalah
  2. mengumpulkan Keterangan
  3. merumuskan Hipotesis
  4. Melakukan Eksperimen (Percobaan)
  5. Menganalisis Data
  6. Menarik Kesimpulan Hasil Penelitian
1. Merumuskan Masalah
        Sebelum menetukan suatu penelitian, perlu dirumuskan permasalahan yang akan diteliti terlebih dahulu. Dalam merumuskan maslah dalam penelitian perlu diperhatikan hubungan antarvariabel.

    2. Mengumpulkan Keterangan
        Setelah masalah dapat dirumuskan, kita mulai mengumpulkan keterangan. Pengumpulan keterangan dapat dilakukan melalui pengamatan langsunng (observasi) atau secara kepustakaan (membaca buku-buku hasil penelitian sebelumnya). Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan jawaban sementara terhadap masalah tersebut.

    3. Merumuskan Hipotesis
        Hipotesis adalah suatu dugaan sementara terhadap masalah sebelum dibuktikan. Dugaan sementara tersebut akan dibuktikan kebenarannya melalui percobaan (eksperimen) yang akan kita lakukan.
    Ada dua macam hipotesis dalam eksperimen, yaitu hipotesis alternatif dan hipotesis nol.
    Hipotesis alternatif adalah dugaan yang menyatakan ada pengaruh. Hipotesis nol adalah hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh.
    Dugaan sementara yang kita buat dapat diterima jika sesuai dengan hasil percobaan atau ditolak jika berbeda dengan hasil percobaan yang kita lakukan.

    4. Melakukan Eksperimen (Percobaan)
        Eksperimen dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis yang diajukan. Dalam melakukan eksperimen diperlukan tingkat ketelitian yang tinggi, misalnya penggunaan alat, dalam pengukuran, pemberian perlakuan (ulangan atau sampel), kontrol, dan pengendalian faktor-faktor lain. Ketelitian dalam eksperimen sangat mempengaruhi hasil penelitian.
    Eksperimen dapat dilakukan di laboratorium atau di alam sesuai dengan tujuan penelitian kita.

    5. Menganalisis Data
        Data hasil eksperimen kita analisis untuk menarik kesimpulan hasil eksperimen. Data umumnya dianalisis secara statistik.

    6. Menarik Kesimpulan Hasil Eksperimen
        Kesimpulan dibuat berdasarkan eksperimen yang dilakukan. Banyaknya kesimpulan disesuakan dengan banyaknya rumusan masalah yang sudah disusun dalam rumusan masalah.

    Metode ilmiah di atas adalah contoh dalam bidang biologi.

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan tulis komentar Anda !