Negeri Satu Gabus


widget

Selasa, 04 Desember 2012

Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013

Menurut para penyusun kurikulum 2013, perbedaan antara kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :

Kurikulum 2006
Kompetensi Lulusan

1.      Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter
2.      Belum menghasilkan Keterampilan sesuai kebutuhan
3.      Pengetahuan-pengetahuan lepas

Kurikulum 2013
Kompetensi Lulusan
1.      Berkarakter mulia
2.      Keterampilan yang relevan
3.      Pengetahuan-pengetahuan terkait

Kurikulum 2006
Materi Pembelajaran

1.      Belum relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan
2.      Beban belajar terlalu berat
3.      Terlalu luas, kurang mendalam
Kurikulum 2013
Materi Pembelajaran
1.      Relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan
2.      Materi esensial
3.      Sesuai dengan tingkat perkembangan anak

Kurikulum 2006
Proses Pembelajaran
1.      Berpusat pada guru (teacher centered learning)
2.      Sifat pembelajaran yang berorientasi pada buku teks
3.      Buku teks hanya memuat materi bahasan

Kurikulum 2013
Proses Pembelajaran
1.     Berpusat pada peserta didik (student centered active learning)
2.     Sifat pembelajaran yang kontekstual
3.     Buku teks memuat materi dan proses pembelajaran, sistem penilaian serta kompetensi yang diharapkan

Kurikulum 2006

Penilaian
1.  Menekankan aspek kognitif
2.  Test menjadi cara penilaian yang dominan

Kurikulum 2013
Penilaian
1.  Menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik secara proporsional
2.  Penilaian test dan portofolio saling melengkapi
Kurikulum 2006
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.  Memenuhi kompetensi profesi saja
2.  Fokus pada ukuran kinerja PTK

Kurikulum 2013
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Memenuhi kompetensi profesi, pedagogi, sosial, dan personal
2. Motivasi mengajar

Kurikulum 2006
Pengelolaan Kurikulum
1. Satuan pendidikan mempunyai kebebasan dalam pengelolaan kurikulum
2. Masih terdapat kecenderungan satuan pendidikan menyusun kurikulum
    tanpa mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan
    peserta didik, dan potensi daerah
3. Pemerintah hanya menyiapkan sampai standar isi mata pelajaran
Kurikulum 2013
Pengelolaan Kurikulum
1.  Pemerintah Pusat dan Daerah memiliki kendali kualitas dalam
     pelaksanaan kurikulum di tingkat satuan pendidikan.
2. Satuan pendidikan mampu menyusun kurikulum dengan
     mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan peserta
    didik, dan potensi daerah
3. Pemerintah menyiapkan semua komponen kurikulum sampai buku teks
    dan pedoman


Sumber http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar Anda !