CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)

1.

Tujuh komponen CTL (Contextual Teaching and Learning):
  1. Konstruktivisme 
  2. Inquiry (Penyelidikan/Menemukan)
  3. Questioning (Bertanya)
  4. Learning Community (Belajar Komunitas)
  5. Modeling (Pemodelan)
  6. Reflection (Refleksi)
  7. Authentic Assessment
1.   Konstruktivisme
  • Membangun pemahaman mereka sendiri dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal 
  • Pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstruksi” bukan menerima pengetahuan  
2.   Inquiry (Penyelidikan/Menemukan)
  • Proses perpindahan dari pengamatan menjadi pemahaman 
  • Siswa belajar menggunakan keterampilan berpikir kritis 
3.   Questioning (Bertanya)
  • Kegiatan guru untuk mendorong, membimbing dan menilai kemampuan berpikir siswa 
  • Bagi siswa yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran yang berbasis inquiry 
4.   Learning Community (Belajar Komunitas / Masyarakat Belajar)
  • Sekelompok orang yang terikat dalam kegiatan belajar 
  • Bekerjasama dengan orang lain lebih baik daripada belajar sendiri 
  • Tukar pengalaman 
  • Berbagi ide 
5.   Modeling (Pemodelan)
  • Proses penampilan suatu contoh agar orang lain berpikir, bekerja dan belajar 
  • Mengerjakan apa yang guru inginkan agar siswa mengerjakannya 
6.   Reflection (Refleksi)
  • Cara berpikir tentang apa yang telah kita pelajari 
  • Mencatat apa yang telah dipelajari 
  • Membuat jurnal, karya seni, diskusi kelompok 
7.   Authentic Assessment(Penilaian yang sebenarnya)
  • Mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa 
  • Penilaian produk (kinerja) 
  • Tugas-tugas yang relevan dan kontekstual 
Jadi karakteristik pembelajaran berbasis CTL, melalui :
  • Kerjasama 
  • Saling menunjang 
  • Menyenangkan 
  • Tidak membosankan 
  • Belajar dengan bergairah 
  • Pembelajaran terintegrasi 
  • Menggunakan berbagai sumber 
  • Siswa aktif 
  • Sharing dengan teman
  • Siswa kritis, guru kreatif
  • Dinding kelas dan lorong-lorong penuh dengan hasil karya siswa, peta-peta, gambar, artikel, humor dll
  • Laporan kepada orang tua bukan hanya raport, tetapi hasil karya siswa, laporan hasil praktikum, karangan siswa dll. 

0 Response to "CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)"

Post a Comment

Silahkan tulis komentar Anda !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel