CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)
Thursday, 8 March 2012
Add Comment
1.
Tujuh komponen CTL (Contextual Teaching and Learning):
- Konstruktivisme
- Inquiry (Penyelidikan/Menemukan)
- Questioning (Bertanya)
- Learning Community (Belajar Komunitas)
- Modeling (Pemodelan)
- Reflection (Refleksi)
- Authentic Assessment
•
- Membangun pemahaman mereka sendiri dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal
•
- Pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstruksi” bukan menerima pengetahuan
•
- Proses perpindahan dari pengamatan menjadi pemahaman
•
- Siswa belajar menggunakan keterampilan berpikir kritis
•
- Kegiatan guru untuk mendorong, membimbing dan menilai kemampuan berpikir siswa
•
- Bagi siswa yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran yang berbasis inquiry
•
- Sekelompok orang yang terikat dalam kegiatan belajar
•
- Bekerjasama dengan orang lain lebih baik daripada belajar sendiri
•
- Tukar pengalaman
•
- Berbagi ide
•
- Proses penampilan suatu contoh agar orang lain berpikir, bekerja dan belajar
•
- Mengerjakan apa yang guru inginkan agar siswa mengerjakannya
•
- Cara berpikir tentang apa yang telah kita pelajari
•
- Mencatat apa yang telah dipelajari
•
- Membuat jurnal, karya seni, diskusi kelompok
7. Authentic Assessment(Penilaian yang sebenarnya)
•
- Mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa
•
- Penilaian produk (kinerja)
•
- Tugas-tugas yang relevan dan kontekstual
•
- Kerjasama
•
- Saling menunjang
•
- Menyenangkan
•
- Tidak membosankan
•
- Belajar dengan bergairah
•
- Pembelajaran terintegrasi
•
- Menggunakan berbagai sumber
•
- Siswa aktif
•
- Sharing dengan teman
•
- Siswa kritis, guru kreatif
•
- Dinding kelas dan lorong-lorong penuh dengan hasil karya siswa, peta-peta, gambar, artikel, humor dll
•
- Laporan kepada orang tua bukan hanya raport, tetapi hasil karya siswa, laporan hasil praktikum, karangan siswa dll.
0 Response to "CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)"
Post a Comment
Silahkan tulis komentar Anda !